PENDAHULUAN
arsitektur-komputer/Komputer adalah barang yang umum dan sering kita temui saat ini. Bahkan sekarang sudah hampir setiap orang, khusunya pelajar, mahasiswa dan praktisi pendidikan sudah memiliki komputer sendiri. Komputer yang pada awalnya dibuat sebagai alat bantu hitung kini berkembang dengan sangat pesat. Game, software dan aplikasi – aplikasi digital kini dapat dilakukan dengan alat yang disebut komputer ini.
Bahkan sekarang ini dengan perkembangan internet, komputer bisa menjadi alat mencari uang, transfer uang, media bisnis, komunitas dan lain sebagainya. Dengan fungsinya yang begitu banyak dan penting, maka kini komputer merupakan salah satu barang yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang.
1.
EVOLUSI ARSITEKTUR
1950
-1960 :
Arsitektur computer adalah suatu Komputer aritmatik atau biasa disebut
juga kalkulator.komputer ini dibuat untuk menghitung persamaan matematis pada
masa peperangan pada saat itu.1970 – pertengahan1980 : Arsitektur computer adalah suatu desain instruksi untuk suatu Kompiler
1990 : Arsitektur computer adalah suatu bentuk desain CPU, system memori,system I/O, multiprosesor dan network computer
2010 : Arsitektur komputer: suatu system yang dapat beradaptasi sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri, system DNA.
Klasifikasi Arsitektur
Pada komputer terdapat berbagai
klasifikasinya dalam hal appaun. Setiap komputer tentunya memilik klasifikasi
masing-masing. Disini membahas mengenai klasifikasi arsitekturnya menurut Von
Neumann dan Non Von Neumann.
Kriteria mesin Von Neumann :
1. Mempunyai subsistem hardware
dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah I/Osistem
2. Merupakan stored-program computer
3. Menjalankan instruksi secara
berurutan
4. Mempunyai jalur (path) bus antara
memori dan CPU
Menurut Flyyn ada 4 klasifikasi
komputer :
1.
SISD (Single Instruction Stream,
Single Data Stream)
Satu CPU yang mengeksekusi instruksi
satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu persatu.
2.
SIMD (Single Instruction Stream,
Multiple Data Stream)
Satu unit kontrol yang mengeksekusi
aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu Elemen Pemroses
3.
MISD (Multiple Instruction Stream,
Single Data Stream)
Mengeksekusi beberapa program yang
berbeda terhadap data yang sama.
Adadua kategori:
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4.
MIMD (Multiple Instruction Stream,
Multiple Data Stream
Juga disebut multiprocessors, dimana
lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut terhadap dengan datanya
masing-masing,
KUALITAS ARSITEKTUR
Pada kualitas arsitektur terdapat enam bagian penting yaitu:
Generalitas
Generalitas adalah ukuran besarnya
jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur. dan computer yang terutama digunakan untuk
aplikasiualitas bisnis menggunakan aritmetik decimal.
Daya Terap
Daya terap (applicability) adalah
pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya.
Efisiensi
Efisiensi adalah ukuran
rata-ratajumlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya
biasa. benar begitu sulit, maka
kebanyakan komputer mempunyai sebuah komputer inti (core computer) efisien yang
sederhana, yaitu CU.
Kemudahan Penggunaan
Kemudahan penggunaan arsitektur
adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem untuk mengembangkan atau
membuat software untuk arsitektur tersebut, misalnya sistem pengoperasiannya
atau compilemya.
Daya Tempa (malleability)
Dua ukuran yang terakhir daya tempa
dan daya kembang umumnya berlaku untuk implementasi computer dalam satu rumpun.
Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan
yang luas.
Daya Kembang
Daya kembang (expandability) adalah
ukuran kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur,
misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya
KEBERHASILAN
ARSITEKTUR
Manfaat
Arsitektural
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya (architectural merit) :
1. Daya terap Sebaiknya, arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
2. Daya tempa. Bila arsitekturlebih mudah membangunsistem yang kecil, maka ia akan lebih baile.
3. Daya kembang. Lebih besar daya kembang arsitektur dalam daya komputasi, ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka ia kan lebih baile.
4. Kompatibilitas (daya serasi-pasang).
Bagian pokok dari biaya sistem computer adalah biaya peralatan logika dasarnya, yang sangat bervariasi dari peralatan satu dengan yang lainnya. beberapa aplikasi dengan metrik tersebut diperlukan adalah :
1. Reliabilitas (keandalan) adalah sangat diperlukan oleh computer yang digunakan untuk mengontrol penerbangan, mengontrol kearnanan instalasi nuklir, atau kegiatan apa saja yang mempertaruhkan keselarnatan manusia.
2. Kemudahan perbaikan khususnya penting bagi komputer yang mempunyai jumlah komponen yang besar.
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya (architectural merit) :
1. Daya terap Sebaiknya, arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
2. Daya tempa. Bila arsitekturlebih mudah membangunsistem yang kecil, maka ia akan lebih baile.
3. Daya kembang. Lebih besar daya kembang arsitektur dalam daya komputasi, ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka ia kan lebih baile.
4. Kompatibilitas (daya serasi-pasang).
Bagian pokok dari biaya sistem computer adalah biaya peralatan logika dasarnya, yang sangat bervariasi dari peralatan satu dengan yang lainnya. beberapa aplikasi dengan metrik tersebut diperlukan adalah :
1. Reliabilitas (keandalan) adalah sangat diperlukan oleh computer yang digunakan untuk mengontrol penerbangan, mengontrol kearnanan instalasi nuklir, atau kegiatan apa saja yang mempertaruhkan keselarnatan manusia.
2. Kemudahan perbaikan khususnya penting bagi komputer yang mempunyai jumlah komponen yang besar.
2.
ORGANISASI
KOMPUTER DASAR
Struktur dasar
Fungsi
Utama dari masing-masing Unit akan dijelaskan berikut ini:
- Unit Masukan
(Input Unit)
Berfungsi untuk menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke Memory / penyimpanan. - Unit Kontrol
(Control Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. Ia berfungsi seperti pengatur rumah tangga komputer, memutuskan urutan operasi untuk seluruh sistem, membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol untuk menyesuaikan operasi-operasi dan arus data dari bus alamat (address bus) dan bus data (data bus), serta mengendalikan dan menafsirkan sinyal-sinyal kontrol pada bus kontrol (control bus) dari sistem komputer. - Unit Logika & Aritmatika (Arithmetical & Logical Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika & logika seperti menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan. Selain itu juga melaksanakan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, membandingkan data, dll, - Unit Memori / Penyimpan (Memory / Storage unit)
Berfungsi untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran. Pada suatu sistem komputer terdapat dua macam memori, yang penamaannya tergantung pada apakah alat tersebut hanya dapat membaca atau dapat membaca dan menulis padanya - Unit Keluaran
(Output Unit)
Berfungsi untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memori. Seperti halnya pada unit masukan maka pada unit keluaran dikenal juga istilah peralatan keluaran (Output device) dan media keluaran (Output media).
ORGANISASI
KOMPUTER
Organisasi Komputer adalah bagian
yang terkait erat dengan unit-unit operasional. contohnya teknologi hardware,
perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal
kontrol. Tujuan matakuliah ini adalah mahasiswa bisa mengetahui konsep kerja
dari komputer secara keseluruhan, untuk lebih detailnya akan di ulas pada
matakuliah Arsitektur Komputer
REFERENSI
http://muhammadfreeza.wordpress.com/2011/10/10/organisasi-dan-arsitektur-komputer/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/faktor-yang-mempengaruhi-keberhasilan-arsitektur-komputer/
http://rikyaldriasblogspotcom.blogspot.com/2010/11/mengukur-kualitas-arsitektur-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar