1. Input/Output Unit
· Sistem Bus
Bus adalah Jalur komunikasi yang dibagi pemakai Suatu set
kabel tunggal yang digunakan untuk menghubungkan berbagai subsistem.
Karakteristik penting sebuah bus adalah bahwa bus merupakan media transmisi
yang dapat digunakan bersama. Sistem komputer terdiri dari sejumlah bus yang
berlainan yang menyediakan jalan antara dua buah komponen pada bermacam-macam
tingkatan hirarki sistem komputer.
Suatu Komputer
tersusun atas beberapa komponen penting seperti CPU, memori, perangkat
Input/Output. setiap computer saling berhubungan membentuk kesatuan fungsi. Sistem
bus adalah penghubung bagi keseluruhan komponen computer dalam menjalankan
tugasnya. Transfer data antar komponen komputer sangatlah mendominasi kerja
suatu computer. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan
dieksekusi CPU melalui perantara bus, begitu juga kita dapat melihat hasil
eksekusi melalui monitor juga menggunakan system bus.
Tiap bus
merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM,
Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang
lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang
lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung
dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar
bus ini digunakan sebuah bridge.
·
Standar input/output interface
Interface
atau antarmuka adalah Penghubung antara dua sistem atau alat media penghubung
antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini
memungkinkan sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang
lainnya. Keluaran (output) dari suatu subsistem akan menjadi masukan (input)
untuk subsistem lainnya dengan melalui penghubung.
Interface
Aplikasi I/O
Ketika suatu
aplikasi ingin membuka data yang ada dalam suatu disk, sebenarnya aplikasi
tersebut harus dapat membedakan jenis disk apa yang akan diaksesnya. Untuk
mempermudah pengaksesan, sistem operasi melakukan standarisasi cara pengaksesan
pada peralatan Input / Output. Pendekatan
inilah yang dinamakan interface aplikasi Input /
Output.
Interface
aplikasi Input / Output melibatkan
abstraksi, enkapsulasi, dan software layering. Abstraksi dilakukan dengan
membagi-bagi detail peralatan-peralatan Input /
Output ke dalam kelas-kelas yang lebih umum. Dengan adanya kelas-kelas
yang umum ini, maka akan lebih mudah untuk membuat fungsi-fungsi
standar(interface) untuk mengaksesnya. Lalu kemudian adanya device driver pada
masing-masing peralatan Input / Output,
berfungsi untuk enkapsulasi perbedaan-perbedaan yang ada dari masing-masing
anggota kelas-kelas yang umum tadi. Device driver mengenkapsulasi tiap -tiap
peralatan Input / Output ke dalam
masing-masing 1 kelas yang umum tadi(interface standar). Tujuan dari adanya
lapisan device driver ini adalah untuk menyembunyikan perbedaan-perbedaan yang
ada pada device controller dari subsistem Input
/ Output pada kernel. Karena hal ini, subsistem Input / Outputdapat bersifat independen dari hardware.
Karena
subsistem Input / Output independen dari
hardware maka hal ini akan sangat menguntungkan dari segi pengembangan
hardware. Tidak perlu menunggu vendor sistem operasi untuk mengeluarkan support
code untuk hardware-hardware baru yang akan dikeluarkan oleh vendor hardware.
· Pengaksesan peralatan input/output
Input
/ Output tergantung pada perspektif mengubah sinyal-sinyal bahwa pengguna
manusia bisa melihat atau membaca. Untuk pengguna proses membaca atau
melihat representasi ini adalah menerima masukan. Interaksi
antara komputer dan manusia dipelajari dalam bidang yang disebut interaksi
manusia-komputer. CPU dan memori utama dianggap sebagai otak dari komputer, dan
dari sudut pandang adanya transfer informasi dari atau ke kombinasi itu,
misalnya untuk atau dari disk drive, dianggap Input
/ Output. CPU dan sirkuit pendukungnya
menyediakan memori-mapping Input / Output yang digunakan dalam pemrograman
komputer tingkat rendah dalam pelaksanaan driver perangkat. Sebuah Input /
Output merupakan salah satu algoritma yang dirancang untuk mengeksploitasi
lokalitas dan melakukan efisien bila berada pada penyimpanan data sekunder,
seperti disk drive.
Input
/ Output Interface diperlukan setiap kali Input / Output device didorong oleh
prosesor. Antarmuka harus memiliki logika yang diperlukan untuk menafsirkan
perangkat alamat yang dihasilkan oleh prosesor. Handshaking harus
dilaksanakan oleh antarmuka menggunakan perintah yang sesuai seperti (Sibuk,
SIAP, WAIT), dan prosesor dapat berkomunikasi dengan Input / Output device melalui antarmuka. Khusus Input / Output monad, yang memungkinkan program untuk hanya
menguraikan Input / Output, dan tindakan yang dilakukan diluar program. Hal ini
penting karena Input / Output fungsi akan memperkenalkan efek samping untuk
setiap bahasa pemrograman, tapi sekarang pemrograman fungsional murni praktis. Berikut
alamat yang dapat disimpan dalam register. Instruksi akan memiliki register
yang memiliki alamat tersebut. Jadi untuk mengambil
data, instruksi harus mendaftar didekode sesuai dipilih. Isi register akan
diperlakukan sebagai alamat menggunakan alamat lokasi memori yang sesuai
dipilih dan data dibaca / ditulis. Port-mapping
Input / Output biasanya memerlukan penggunaan instruksi yang secara khusus
dirancang untuk melakukan Input / Output operasi.
Pengelolaan I/O :
· Tugas
utama komputer adalah: Pemrosesan CPU, pemrosesan Input
/ Output
· Peran
OS dalam pengelolaan Input / Output:
Mengelola dan mengontrol operasi Input / Output
serta perangkat Input / Output • Fungsi pengelolaan Input / Output: Hardware : port, bus, device
controller, software Input / Output
adalah modul device driver
2. Arsitektur
Family IBM PC
IBM PC adalah sebutan untuk keluarga komputer pribadi buatan IBM. IBM PC diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan “dipensiunkan” pada
tanggal 2 April 1987. Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa
keluarga, yakni :
- IBM 4860 PCjr
- IBM 5140 Convertible Personal Computer (laptop)
- IBM 5150 Personal Computer (PC yang asli)
- IBM 5155 Portable PC (sebenarnya merupakan PC XT yang portabel)
- IBM 5160 Personal Computer/eXtended Technology
- IBM 5162 Personal Computer/eXtended Technology Model 286 (sebenarnya merupakan PC AT)
- IBM 5170 Personal Computer/Advanced Technology
Ø
Konfigurasi Mikrokomputer
Dasar :
1. Chipset adalah
set dari chip yagn mendukung kompatibel yang mengimplementasikan berbagai
fungsi tertentu seperti pengontrol interupt, pengontrol bus dan timer.
2. Chip khusus
yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan CPU guna meningkatkan
fungsionalitasnya
Ø
Komponen IBM PC
1. Sistem Kontrol BUS: Pengontrol BUS , Buffer Data dan
Latches Alamat
2. Sistem Kontrol Intrerrupt :Pengontrol
Interrupt
3. Sistem Kontrol
RAM dan ROM :Chip RAM dan ROM, Decoder Alamat, dan Buffer
4. Sistem Kontrol
DMA : Pengontrol DMA
5. Timer : Timer Interval Programmable
6. Sistem Kontrol I/O : Interface Paralel Programmable
Ø Sistem software
Agar
user dapat memasukkan dan menjalankan program aplikasi, maka komputer harus sudah
berisi beberapa software sistem dalam memori-nya. Software sistem adalah
kumpulan program yang dieksekusi seperlunya untuk menjalankan fungsi seperti
-Menerima dan menginterpretasikan perintah user
-Memasukkan dan tnengedit program aplikasi dan rnenyimpannya sebagai file dalam peralatan penyimpanan sekunder
-Mengatur penyimpanan dan pengambilan file dalam peralatan penyimpanan sekunder
-Menjalankan program aplikasi standar seperti word processor, spreadsheet, atau game, dengan data yang disediakan oleh user
-Mengontrol unit I/O untuk menerima informasi input dan menghasilkan output
-Mentranslasikan program dari bentuk source yang disediakan oleh user menjadi bentuk objek yang berisi instruksi mesin
-Menghubungkan dan menjalankan program aplikasi user-written dengan rutin library standar yang ada, seperti paket komputasi numerik
-Menerima dan menginterpretasikan perintah user
-Memasukkan dan tnengedit program aplikasi dan rnenyimpannya sebagai file dalam peralatan penyimpanan sekunder
-Mengatur penyimpanan dan pengambilan file dalam peralatan penyimpanan sekunder
-Menjalankan program aplikasi standar seperti word processor, spreadsheet, atau game, dengan data yang disediakan oleh user
-Mengontrol unit I/O untuk menerima informasi input dan menghasilkan output
-Mentranslasikan program dari bentuk source yang disediakan oleh user menjadi bentuk objek yang berisi instruksi mesin
-Menghubungkan dan menjalankan program aplikasi user-written dengan rutin library standar yang ada, seperti paket komputasi numerik
Ø
Manfaat IBM PC
1.Expandibilitas
2.Kemudahaan penggunaan
3.Daya Kembang
4.Daya Tempa
Referensi
: http://eby190205.blogspot.com/2012/01/arsitektur-family-ibm-pc-dan-turunannya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar